Langkah Dasar dan Contoh Simulasi Antrian oleh Anida Sri Rahayu
LANGKAH DASAR DAN CONTOH SIMULASI ANTRIAN
Langkah-langkah dasar dalam simulasi adalah sebagai berikut:
1. Menetapkan Karakteristik Masukan:
Biasanya, karakteristik masukan dalam simulasi dimodelkan sebagai distribusi probabilitas. Ini mencakup waktu antara kedatangan (laju kedatangan) dan waktu pelayanan (laju pelayanan) dalam contoh sistem antrian.
2. Menkonstruksi Tabel Simulasi:
Tabel simulasi menggambarkan spesifikasi masalah dan biasanya terdiri dari sejumlah masukan yang diberikan serta lebih dari satu respon yang ingin diobservasi dalam simulasi. Ini juga mencakup pengulangan untuk mengumpulkan data yang cukup.
3. Membangkitkan Nilai Secara Berulang:
Langkah ini melibatkan pengulangan untuk menghasilkan nilai masukan secara berulang sesuai dengan karakteristik distribusi probabilitas yang telah ditentukan. Selanjutnya, fungsi-fungsi sistem dievaluasi berdasarkan masukan ini.
Contoh simulasi sistem antrian adalah sebagai berikut:
Sistem antrian terdiri dari beberapa komponen:
- Pemanggilan populasi (Calling population): Biasanya tidak terbatas, sehingga jika satu unit keluar, tidak ada perubahan pada laju kedatangan.
- Kedatangan/ketibaan: Terjadi secara acak sesuai dengan distribusi probabilitas waktu antara kedatangan.
- Mekanisme pelayanan: Setiap unit akan dilayani dalam waktu yang acak, sesuai dengan distribusi probabilitas tertentu.
- Kapasitas sistem: Tidak ada batasan pada jumlah unit dalam sistem.
- Disiplin antrian: Contoh urutan layanan adalah FIFO (First-In-First-Out), yang berarti unit yang pertama datang akan dilayani pertama kali.
Aliran sistem antrian melibatkan komponen-komponen berikut:
- Kedatangan dan pelayanan didefinisikan melalui distribusi probabilitas waktu antara kedatangan dan distribusi waktu pelayanan.
- Laju pelayanan vs. laju kedatangan dapat memengaruhi stabilitas sistem. Jika laju pelayanan lebih kecil dari laju kedatangan, maka sistem dapat menjadi tidak stabil atau bahkan eksplosif.
- Keadaan sistem: Ini mencakup jumlah unit dalam sistem dan status dari pelayan.
- Peristiwa: Peristiwa dalam simulasi adalah stimulus yang menyebabkan perubahan dalam keadaan sistem.
- Clock simulasi: Clock simulasi digunakan untuk melacak waktu dalam simulasi dan mencatat perubahan dalam sistem seiring berjalannya waktu.
Comments
Post a Comment